Salam Budaya! Nabuh karawitan adalah satu upaya melestarikan kebudayaan seni gamel.  Tujuan utama nabuh karawitan adalah agar anak menyukai seni yang ada di Indonesia, khususnya kesenian Jawa yaitu ngrawit. Selain itu, harapan dari kegiatan nabuh karawitan, supaya tradisi tidak di klaim negara lain dan bangga akan warisan budaya leluhur.

Ekstra Karawitan SMP Negeri 6 Surakarta

Kegiatan nabuh karawitan dimasukan dalam ekstrakulikulir di SMP Negeri 6 Surakarta yang diadakan setiap hari Kamis setelah kegiatan pembelajaran berakhir. Pak Heri Susanto, S. Sn adalah guru sekaligus pendamping ekstra nabuh karawitan.

Pak Hery Susanto, S. Sn guru Seni Budaya sekaligus pendamping Ekstra Nabuh Karawitan

Ibu bapak pendidik mendukung kegiatan nabuh karawitan dengan ikut andil memberi contoh mengikuti kegiatan. Kesinambungan kegiatan nabuh karawitan antara para pendidik dan peserta didik mencerminkan pembiasaan cinta terhadap budaya sendiri secara nyata.

Guru Pengrawit

Ibu Bapak Guru SMP Negeri 6 Surakarta Mendukung dan Mengikuti Kegiatan Karawitan

Seperti harapan awal, semoga dengan dengan kegiatan nabuh karawitan, anak-anak SMP Negeri 6 Surakarta semakin mencintai budaya bangsa dan mampu menularkan kepada setiap orang di sekitarnya. Sehingga, budaya bangsa semakin di kenal luas dan dicintai.

Pendamping dan Siswa-Siswi Ekstra Karawitan SMP Negeri 6 Surakarta

NB: Berikut salah satu hasil dari ekstra karawitan yang ditampilkan pada saat kegiatan perpisahan purna tugas dan rekan yang mutasi tahun 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.